-->

Hal Yang Harus Dipertimbangkan Ketika Ingin Memiliki Banyak Anak

Menurut dokter kandungan, kehamilan kedua dan seterusnya akan lebih lelah daripada kehamilan sebelumnya sehingga ibu harus hati-hati mempertimbangkan sebelum memutuskan untuk hamil banyak anak.

Ketika anak pertama Anda mulai tumbuh besar, ketika Anda di rumah memulai cerita tentang bayi, Anda akan bertanya pada diri sendiri, "Apakah ini waktu yang tepat untuk hamil lagi?" Berikut ini adalah jawaban pertanyaan ini dan terkait masalah medis.

Hal yang harus dipertimbangkan ketika ingin memiliki banyak anak 

Berapa lama interval antara kehamilan satu dengan yang lain? 
Banyak rekomendasi, kesenjangan antara kelahiran hingga 18 bulan setelah kelahiran adalah yang terbaik untuk ibu dan anak. Ketika jarak ini kurang dari 18 bulan, risiko kelahiran prematur, bayi berat lahir rendah meningkat. Di sisi lain, tubuh ibu membutuhkan waktu untuk pulih dari nutrisi, secara fisik sehingga jika kehamilan terlalu dini, tubuh ibu mungkin belum siap, terutama dalam kasus operasi caesar. Kesenjangan 18 bulan tidak ideal untuk semua. Jika ibu berusia di atas 35 tahun, jarak yang direkomendasikan dikurangi menjadi 12 bulan. Terbaik, dalam hal apapun, ketika memikirkan memiliki lebih banyak anak, Anda harus peduli:
  • Kamu benar-benar siap. Hanya Anda dan pasangan yang mengerti, Anda memiliki cukup fisiologis, psikologis, waktu dan uang untuk memiliki lebih banyak anak.
  • Konsultasikan dengan dokter Anda tentang kondisi medis Anda, riwayat kesehatan Anda dan keluarga Anda untuk menentukan waktu yang tepat.
  • Yang terbaik adalah menunggu periode menstruasi Anda untuk menghentikan kontrasepsi, karena ketika siklus menstruasi Anda berfungsi, kehamilan lebih aktif dan usia kehamilan lebih akurat. 

Apakah tubuhmu sudah siap untuk hamil lagi? 
 Jika Anda melihat cukup "energi" maka ini tidak apa-apa menjadi dua. Ini adalah fakta bahwa "kehamilan berikutnya akan lebih melelahkan daripada kehamilan pertama," karena semakin tua Anda, semakin besar kemungkinan Anda untuk merawat satu atau lebih bayi sebelum hamil. Jadi, ingat ini ketika Anda memutuskan untuk hamil lagi:
  • Pemeriksaan kesehatan sebelum kehamilan
  • Penyesuaian berat badan ideal (berdasarkan BMI)
  • Konsumsi suplemen vitamin, dan jangan lupa 400 mikrogram asam folat sehari sebelum Anda hamil setidaknya selama 1 bulan
  • Jika Anda menjalani operasi caesar, pertimbangkan kapan bayi Anda berusia di bawah 9 bulan. 

Apa perbedaan antara kehamilan pertama dan kehamilan berikutnya?
  •  Wanita hamil "awal", perut lebih cepat, karena otot perut yang terbiasa melakukan peregangan harus "beradaptasi" lebih cepat. 
  • Anda merasakan pedal lebih cepat, dan tampaknya pedal lebih banyak, Tentunya bayi jarang bergerak lebih dari yang sebenarnya, adalah karena Anda terbiasa dengan perasaan ini lebih baik.
  • Manuver fisiologis lebih cepat 
  • Nyeri dada kurang nyeri dibanding kehamilan pertama. 

Apa kekhawatiran yang akan dialami jika hamil lagi? 
  • Jika kehamilan sebelumnya adalah masalah medis, seperti persalinan prematur, diabetes gestasional, berat lahir rendah, depresi pascamelahirkan, risiko untuk kehamilan ini akan meningkat, yang berarti lebih banyak kemampuan akan berulang.
  • Kelahiran prematur, bayi berat lahir rendah: skrining untuk kemungkinan penyebab pencegahan. Misalnya, ukur panjang kanalis uterus untuk melihat risiko kelahiran prematur saat serviks pendek, jahitan leher rahim, penggunaan obat 
  • Untuk diabetes gestasional, preeklamsia: Pastikan dokter Anda memberi tahu Anda ini untuk memiliki rencana pemantauan kehamilan yang tepat. Setelah 6 minggu, Anda harus menjalani tes glukosa darah, periksa tekanan darah Anda untuk menentukan apakah Anda mengonsumsi obat terus menerus, diet yang tepat dan olahraga. 

Jangan lupa siapkan psikologis anak yang sudah tumbuh besar 
Kapan kamu akan memberitahuku bahwa anda akan memiliki anak lagi pada anak Anda yang lain? Jika anak Anda cukup dewasa untuk mengerti, Anda harus bahagia sekitar 11-12 minggu, karena setelah waktu ini, risiko keguguran rendah. Untuk anak-anak yang lebih muda, dapat dikatakan berkali-kali, dan ketika perut Anda tumbuh, Anda menjelaskan dengan relatif mudah kehadiran bayi lain dalam waktu dekat. Para ahli mengatakan bahwa setiap ibu mampu mengenali waktu yang tepat, karena hanya ibu yang paling memahami anaknya.

Bagaimanapun juga, ketika Anda berbicara dengan anak Anda, Anda perlu menekankan bahwa Anda masih mencintai anak Anda, dan tidak ada yang dapat mengubah itu. Jaga bayi Anda tertarik pada bayi Anda, libatkan dia dalam melacak perkembangan bayi, seperti bayi, gambar bayi di USG ... Membangun hubungan dari bayi Ketika Anda hamil, itu akan membantu bayi Anda menyadari bahwa itu adalah hal yang menyenangkan, dan bayi di dalam rahim adalah orang yang akan mencintai dan terikat dengan bayi sepanjang hidup. Mari kita mulai dengan beberapa hal:
  • Katakan pada anak-anak Anda beberapa manfaat ketika mereka: berlajar menjadi kakak, mengajar anak-anak untuk bermain, melindungi adik.
  • Baca buku "bagaimana menjadi saudara yang baik"
  • Untuk membeli barang-barang untuk anak-anak, pilih beberapa barang. 

Seorang bayi akan segera dilahirkan, artinya akan muncul pada saat yang sama bahagia baru melampirkan kecemasan dan beban baru. Bahkan jika Anda sehat jasmani dan rohani, kehamilan Anda baik dan Anda tidak berlebihan melakukan tes dan pemeriksaan yang diperlukan sebelum dan selama kehamilan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel