-->

Cara Merawat Kuku Secara Alami Agar Tetap Bersih

Bagi yang senang dengan kegiatan mengurus kuku mungkin cara merawat kuku secara alami ini bisa menjadi salah satu cara yang bisa anda coba terapkan dalam merawat kuku anda. Setiap manusia pasti mempunyai kuku yang tumbuh di bagian ujung jari kita, kuku yang tumbuh pada jari kita berasal dari salah satu bagian dari tubuh kita yang mirip gel lembut yang mati, lalu mengeras dan terbentuk mulai dari bagian atas ujung jari.

Cara Merawat Kuku Secara Alami

Salah satu fungsi dari kuku yakni untuk melindungi ujung jari yang lembut dan penuh dengan urat saraf, selain itu dapat juga mempertinggi daya sentuh. Di area ujung jari atau lebih tepatnya dibagian bawah kuku, ada banyak sekali pembuluh kapiler dengan aliran suplai darah yang kuat, dimana hal ini akan memunculkan warna kemerah-merahan di bagian kulit bawah kuku. Sama seperti tulang dan gigi, kuku juga merupakan bagian terkeras dari tubuh kita, karena kadar air yang di kandung kuku sangat sedikit.

Cara Merawat Kuku Secara Alami


Dalam satu minggu pertumbuhan kuku pada jari tangan kita bisa mencapai rata-rata 0,5 – 1,5 mm, pertumbuhan ini meyebabkan perbandingan empat kali lebih cepat dari tumbuhnya kuku pada jari kaki. Ciri kuku yang sehat adalah tidak mudah mengelupas dan lebih kuat, untuk cara merawat kuku sendiri sebenarnya tidaklah susah karena bisa menggunakan bahan alami yang ada di sekitar kita. Diantaranya:

1. Belimbing Wuluh

Untuk cara merawat kuku secara alami yang pertama anda bisa menggunakan belimbing wuluh, yang bermanfaat untuk membersihkan semua kotoran yang terdapat di kuku baik pada bagian luar kuku ataupun di bagian sela-sela kuku, tidak hanya itu belimbing wuluh juga bisa membuat kuku menjadi lebih kuat. Untuk caranya sendiri, hanya tinggal menggosokan belimbing wuluh ke kuku yang mau di bersihkan, setelah itu anda hanya tinggal membasuhnya dengan air bersih.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Untuk cara merawat kuku dari dalam tubuh salah satunya bisa dengan memperbanyak minum air putih, air putih yang kita minum menjadikan kuku tidak kering.

3. Lidah Buaya

Perlu anda ketahui, ternyata lidah buaya selain untuk menyehatkan rambut juga bisa untuk membersihkan kuku, caranya sangat mudah sekali, yaitu anda hanya tinggal membersihkan lidah buaya lalu oleskan gel yang terdapat di lidah buaya secara merata pada kuku.

4. Getah Pepaya

Fungsi getah pepaya untuk kuku yaitu untuk menjadikan kulit kuku bagian luar supaya tidak mudah pecah dan mengelupas. Cara penggunaannya cukup oleskan saja getah pepaya pada bagian kulit kuku luar.

5. Lemon

Jika anda mempunyai kuku yang berwarna kuning dan ingin memutihkannya kembali maka anda bisa menggunakan perasan lemon yang di campur dengan pasta gigi, untuk pasti giginya usahakan yang untuk memutihkan gigi. Caranya campurkan perasan lemon dengan pasta gigi secukupnya lalu balurkan ke kuku diamkan hingga mengering setelah itu bilas dengan air hangat. Lakukanlah hal ini secara teratur setiap hari.

6. Kulit Semangka

Jika selama ini mungkin sehabis makan semangka kita sering langsung membuang kulitnya. Tahukah anda ternyata kulit semangka juga bisa kita manfaatkan untuk membersihkan kuku agar tetap cantik. Caranya juga sangat mudah tinggal digosokan saja kulit semangka pada area kuku yang ingin anda bersihkan.

Itulah sedikit pembahasan mengenai cara merawat kuku secara alami yang bisa anda coba untuk merawat kuku agar tetap bersih, sehat dan terlihat lebih indah, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel