-->

Manfaat Getah Jarak & Daun Jarak Untuk Kesehatan

Beragam manfaat getah jarak dan daun jarak untuk kesehatan memang sudah tidak diragukan lagi kebenarannya oleh berbagai kalangan masyarakat. Hal tersebut dikarenakan pohon jarak sudah dikenal masyarakat sejak zaman penjajahan Belanda. Namun, pada saat itu pohon jarak sebagian besar hanya digunakan sebagai bahan bakar.

Setidaknya terdapat 10 khasiat yang dihasilkan dari pemanfaatan getah dan daun jarak ini. Bagi Anda yang masih ragu dengan penggunaan getah dan daun jarak, jangan khawatir karena tanaman jarak sendiri tergolong sebagai apotek hidup, sehingga penggunaan untuk kesehatan pun masuk sebagai alternatif pengobatan tradisional. Lantas, apa saja manfaat getah jarak dan daun jarak untuk kesehatan? Artikel ini kan membahas lebih rinci untuk Anda.

Manfaat Getah Jarak & Daun Jarak Untuk Kesehatan

Manfaat Getah & Daun Jarak Untuk Kesehatan


Siapa sangka, selain sebagai bahan bakar ternyata pohon jarak juga mempunyai manfaat untuk kesehatan, terutama bagian daun dan getahnya. Di samping itu, ternyata getah jarak juga mempunyai manfaat untuk kesehatan kulit loh. Penasaran? Yuk, simak penjelasan mengenai manfaat getah jarak dan daun jarak berikut ini.

1. Menyembuhkan Reumatik dan Persendian

Manfaat daun jarak yang pertama, yaitu untuk menyembuhkan reumatik dan persendian. Bagi Anda yang mengalami nyeri pada sendi atau sudah mempunyai gejala reumatik tidak ada salahnya untuk mencoba pengobatan tradisional dengan daun jarak. Untuk penggunaannya pun terbilang cukup mudah, cukup sediakan beberapa lembar daun jarak kemudian tumbuk keseluruhannya. Oleskan tumbukan tersebut ke bagian yang dirasa nyeri. Bagaimana? Cukup mudah bukan.

2. Meringankan Gejala Perut Kembung dan Masuk Angin

Terlalu lama berada di daerah dingin terkadang mengundang angin yang masuk ke dalam tubuh. Akibatnya, rasa sesak atau bahkan beragam gejala bisa dirasakan tubuh sebagai efek masuk angin. Biasanya sebagian orang akan mencoba untuk "kerokan", namun dari sisi medis ternyata hal tersebut dirasa kurang pas. Untuk itu, Anda bisa mencoba alternatif pengobatan tradisional yaitu dengan menggunakan daun jarak.

Caranya cukup mudah, cukup sediakan beberapa lembar daun jarak. Kemudian daun jarak tersebut disiangi untuk beberapa saat agar layu. Setelah layu, ambil helaian daun tersebut dan beri beberapa tetes minyak angin atau minyak telon, lumuri daun tersebut dan tempelkan di atas perut. Dijamin masuk angin Anda akan teratasi dengan baik.

3. Mengatasi Iritasi Pada Mata

Iritasi mata terjadi ketika mata terlalu sering terkena paparan udara yang tidak sehat, debu, atau terlalu asik di depan layar handphone/elektronik lainnya. Rasa yang ditimbulkan juga sangat tidak nyaman, sehingga akan mengganggu kelancaran aktivitas sehari-hari. Jika Anda tengah mencari sebuah obat untuk mengatasinya, tidak salah jika Anda kami sarankan untuk mencoba menggunakan getah daun jarak.

Manfaat getah jarak untuk mengatasi iritasi mata sudah tidak diragukan lagi. Anda cukup menyediakan getah daun jarak dan air bersih. Langkah yang harus Anda lakukan yaitu dengan mencampur keduanya dan Anda pergunakan untuk mengompres mata. Jika tidak, Anda juga bisa langsung meneteskan getah daun jarak tersebut ke mata Anda yang sedang mengalami iritasi.

4. Menyembuhkan Luka Luar

Luka luar yang dibiarkan begitu saja bisa menjadi sarang bakteri dan mengundang infeksi. Perlu adanya penanganan khusus agar luka tersebut bisa menutup dengan cepat. Salah satunya yaitu dengan menggunakan getah daun jarak. Manfaat getah jarak untuk mengobati luka luar terbilang efektif digunakan. Caranya, hal pertama yang dilakukan yaitu dengan mencuci bagian yang luka dengan air bersih, kemudian kompres bagian luka tersebut dengan menggunakan kapas, selanjutnya sebagai pengganti betadine Anda bisa menggunakan getah jarak untuk diteteskan di area yang luka.

5. Mengatasi Jerawat

Jerawat merupakan gejala abnormal di kulit yang terjadi ketika kulit tersebut kotor, apalagi jika jenis kulit tersebut cenderung berminyak. Bagi sebagian orang jerawat dirasa sangat mengganggu visual mereka dalam menjalankan kegiatan sehari-hari, terutama bagi mereka yang bekerja di depan publik. Untuk itu, Anda bisa menggunakan daun jarak sebagai solusi penanganan jerawat tersebut. Cara cukup mudah, Anda hanya perlu menyediakan beberapa lembar daun jarak, kemudian tumbuk hingga halus dan gunakan sebagai masker di area jerawat tersebut.

6. Mengobati Sakit Gigi

Sakit gigi hampir pernah dirasakan oleh sebagian besar masyarakat. Kurangnya menjaga kebersihan mulut menjadi penyebab sakit gigi yang diderita menjadi semakin parah. Jika Anda lebih menyukai pengobatan menggunakan obat-obat tradisional, maka tidak ada salahnya untuk mencoba getah jarak. 

Cara mengobati sakit gigi dengan menggunakan getah jarak cukup mudah untuk dipraktikkan. Pertama, sediakan beberapa tetes getah jarak dan cutton buds. Kemudian, selanjutnya oleskan getah jarak tersebut ke gigi Anda yang sakit dengan menggunakan cutton buds. Dijamin manfaat getah jarak tersebut akan Anda rasakan sendiri setelah penggunaannya untuk pengobatan sakit gigi yang Anda derita.

7. Mengobati Gatal-Gatal di Kulit

Iritasi pada kulit memang sering terjadi. Kesalahan ketika menggunakan beberapa produk yang kurang sesuai dengan jenis kulit, jenis kulit yang sensitif juga bisa memengaruhi timbulnya gatal-gatal pada kulit. Jika Anda sudah mencoba berbagai macam jenis salep yang berbahan kimia, tidak ada salahnya untuk beralih menggunakan pengobatan tradisional. Manfaat getah jarak untuk mengobati gatal-gatal kulit patut untuk Anda coba.

Caranya juga sangat simpel, pertama bersihkan area yang gatal dengan air bersih, kemudian olesi bagian tersebut dengan menggunakan getah jarak. Jika Anda rutin menggunakannya dijamin Anda akan terbebas dari berbagai macam inflamasi kulit seperti kurap, kadas, koreng, panu, dan lain sebagainya.

8. Mengatasi Susah Buang Air Besar (BAB)

Sembelit menimbulkan gejala tidak nyaman di area perut. Jika dibiarkan terlalu lama, maka pada saat itu perut akan terasa begah dan menimbulkan ketidaknyamanan yang ekstra. Untuk itu, ketika Anda mengalami gejala tersebut sebelum terlalu parah usahakan untuk mengobatinya sesegera mungkin. Salah satunya yaitu dengan menggunakan obat tradisional dari daun jarak.

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menyediakan beberapa lembar daun jarak untuk direbus dengan beberapa gelas air. Selanjutnya setelah mendidih dan dingin, minumlah air rebusan tadi secara rutin hingga dirasa sudah menimbulkan efek kemajuan. Jika Anda malas untuk merebusnya, jangan khawatir Anda juga bisa memakannya secara mentah sebagai lalap. Bagaimana? Mudah bukan.

9. Menurunkan Panas

Ketika demam melanda, maka hal yang perlu dilakukan yaitu mencari solusi untuk menurunkan suhu tubuh kembali seperti semula. Seperti yang telah kita ketahui, demam merupakan penyakit yang cukup berbahaya karena bisa menyangkut beberapa penyakit yang berbahaya, seperti tipus atau demam berdarah. Apalagi jika demam tersebut menyerang bayi, maka sebagai orang tua harus segera mengambil tindakan.

Langkah yang harus Anda ambil ketika bayi Anda terserang demam yaitu dengan mengambil beberapa helai daun jarak. Daun jarak tersebut lumuri dengan minyak dan panaskan di atas kompor selama 2-3 menit sampai panasnya merata ke seluruh bagian daun. Setelah itu, taruh daun tersebut ke perut bayi. Anda bisa mengaplikasikannya dengan penggunaan gurita bayi agar daun tidak mudah lepas.

10. Mengatasi Peradangan di Mulut

Tak hanya kulit, mulut juga bisa mengalami peradangan. Salah satunya timbul akibat adanya sariawan. Penyakit tersebut jika dibiarkan saja akan mengganggu kenyamanan Anda ketika makan atau berbicara. Hal yang harus Anda lakukan yaitu cukup sediakan beberapa tetes getah jarak dan cutton buds atau kapas. Selanjutnya oleskan getah jarak tersebut ke area sariawan dengan bantuan cutton buds atau kapas.

Nah, itu dia beberapa manfaat getah jarak dan daun jarak untuk kesehatan. Ternyata tanpa kita sadari tanaman jarak mengandung berbagai macam khasiat untuk kesehatan tubuh. Mengingat pentingnya tanaman tersebut, kini Anda bisa mencoba untuk menanam sendiri pohon tersebut di area rumah sebagai TOGA (Tanaman Obat Keluarga). Semoga artikel tersebut bermanfaat dan selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel