-->

Kenapa Pada Saat Hamil Keluar Keputihan? Apakah Berbahaya?

Keputihan Saat Hamil

Memang ada banyak hal yang akan terjadi ketika hamil seperti fenomena sakit perut, nyidam, dan banyak hal yang lainnya. Akan tetapi, bagi Anda yang tengah hamil atau pernah hamil, pernahkan Anda mengalami keputihan pada saat mengandung? Seperti apakah keputihan tersebut? Yap, mungkin Anda semua bertanya-tanya apakah keputihan tersebut berbahaya atau tidak. Karena itu, disini akan diberikan ulasan singkat mengenai pertanyaan yang sering dipertanyakan oleh ibu yang tengah mengandung “Kenapa pada saat hamil keluar keputihan? Apakah berbahaya?”.

Memang, fenomena keputihan pada saat hamil adalah fenomena yang normal karena ada perubahan hormonal pada saat mengandung. Akan tetapi, ada dua jenis fenomena keputihan yang biasanya terjadi dan salah satu jenis dari keputihan tersebut adalah keputihan yang tidak normal. Ciri-ciri keputihan pada saat mengandung dalam taraf normal adalah jika pada saat hamil keluar keputihan dengan cairan berwarna jernih, bening atau mungkin sedikit kekuningan. Pada taraf normal, cairan yang dikeluarkan adalah seperti lendir yang kental dan tidak menimbulkan rasa gatal serta bau yang tidak sedap.

Nah, jika memang Anda mengalami keputihan dengan ciri-ciri seperti ini pada saat hamil, Anda tidak perlu khawatir karena fenomena tersebut memang normal terjadi. Akan tetapi, jika Anda mengalami fenomena keputihan saat hamil dengan ciri-ciri sebagai berikut, maka Anda sebaiknya langsung konsultasikan pada dokter kandungan Anda.

Ciri-cirinya keputihan yang tidak normal pada saat mengandung adalah sebagai berikut:
  • Berbau
  • Terasa Gatal
  • Adanya rasa nyeri ketika buang air kecil
  • Warna cairan yang agak kehijauan atau bahkan disertai dengan campuran darah
Nah, jika Anda merasa ciri-ciri tersebut ada pada saat Anda keputihan saat mengandung, alangkah sangat baik jika Anda langsung menghubungi dokter kandungan Anda. Hal ini sangat penting untuk mencegah infeksi atau gangguan lain yang mungkin berpotensi buruk pada kehamilan Anda.

Nah, karena itu, jika saat hamil keluar keputihan yang abnormal, alangkah sangat baik jika Anda menyimak tips-tips berikut untuk mencegahnya. Berikut beberapa tipsnya:
  • Jangan memakai pakaian dalam yang berbahan sintetis karena bahan tersebut tidak menyerap keringat dengan baik. Alhasil, keringat akan terus mengendap dan berpotensi menjadi jamur yang akan memicu terjadinya keputihan abnormal. Pakailah pakaian dalam yang berbahan katun, atau yang bahan yang lainnya yang dapat menyerap keringat dengan mudah.
  • Interval pergantian pakaian dalam seharusnya jangan terlalu lama. Usahakan sering-seringlah ganti pakaian dalam.
  • Setelah mandi, keringkan daerah genital Anda dengan handuk bersih. Jangan keringkan menggunakan tissue yang beraroma.
Nah, itulah sedikit tips serta jawaban mengenai pertanyaan “Kenapa pada saat hamil keluar keputihan? Berbahayakah?”. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel