-->

Cara Menambah Nafsu Makan Anak Usia 1 Tahun

cara menambah nafsu makan anak usia 1 tahun

Cara Menambah Nafsu Makan Anak Usia 1 Tahun - Apakah Anda saat ini sedang memiliki seorang balita berusia 1 tahunan yang memiliki berat badan kurang dan badannya kecil kurus karena nafsu makannya menurun? Berbagai cara sudah pernah dicoba seperti konsultasi ke dokter, memberinya obat penambah nafsu makan atau vitamin tapi tetap tak ada perubahan? Mungkin anda perlu mencoba tips cara menambah nafsu makan anak balita usia 1 tahun yang akan saya share pada artikel kali ini, supaya nafsu makan anak kembali meningkat dan lahap makannya.


1. Variasi Makanan

Perlu anda ketahui bahwa variasi makanan sangat memegang peranan penting dalam meningkatkan nafsu makan anak. Hal ini dikarenakan menu makanan yang cenderung sama tiap harinya tentu akan membuat bosan anak.

Aturlah variasi menu makanan yang bergizi dan bervitamin, seperti wortel dan selderi + daging ayam rebus, nasi tim ayam dengan sayur, sayur bayam + tahu rebus, sup + ati ayam rebus dan sebagainya. Juga berikan buah-buahan yang segar seperti pepaya, pisang ambon yang matang, jeruk manis, tomat atau buah peer. Buah-buahan ini aman untuk lambung anak balita.

Bermainlah dengan warna sayur-sayuran dalam variasi makanan karena anak akan menyenanginya disamping itu sangat bergizi dan bervitamin.

2. Perhatikan Pemakaian Garam dan Gula Dalam Makanannya

Harus benar-benar diperhatikan oleh para orangtua terkait pemakaian garam dan gula untuk anak-anak, jangan sampai dipakai secara berlebihan, kasihan kan kalau masih kecil mereka sudah mengidap hipertensi dan diabetes melitus?

3. Pemberian Susu

Pastinya anak anda mendapat susu formula bukan? Nah pemberian susu pada usia sekitar 1 tahun bukan lagi makanan utama mereka, tetapi makanan lain. Karena susu diusia ini merupakan tambahan vitamin kalsium untuk menguatkan tulang dan gigi mereka.

Oleh sebab itu perhatikan takaran pemberian susu dengan tepat setiap harinya. Anak-anak hanya diperbolehkan meminum susu tidak lebih dari 500 cc per hari, kalau kelebihan maka yang terjadi adalah akan menjadikan anak susah makan, oleh karena lambung sudah penuh dengan susu. Susu mengandung protein yang tinggi jadi berhati-hatilah dalam memberikannya agar tidak mempersulit makanan lain. Ingat! Berikanlah susu hanya pagi hari dan malam ketika hendak tidur.

4. Perhatikan Jadwal Makan Anak

Jangan memberikan makanan terus menerus tetapi aturlah jadwal yang baik termasuk cemilan. Jangan memberi goreng-gorengan, karena biasanya anak juga akan sulit menerima makanan lain. Usahakan memberi makan anak tidak sambil membawa dia jalan-jalan keliling disekitar rumah atau menyalakan televisi dan sebagainya, sebab perhatian anak tentunya terbagi kepada hal-hal yang lain.

5. Jangan Berlebihan

Berikan makanan pada anak dengan takaran yang tidak berlebihan. Sering kali kita melihat seorang ibu memberi makan seorang anak usia 1 tahun dengan porsi sepiring penuh. Lambung bayi pada usia ini tentunya bukan seukuran orang dewasa jadi berikan dengan takaran yang sesuai dengan keadaan lambung.

Itulah setidaknya 5 cara menambah nafsu makan anak usia 1 tahun yang bisa coba anda terapkan. Semoga dengan begitu anak anda akan lahap lagi makannya dan tidak menjadi anak yang susah makan lagi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel